Selasa, 18 September 2012

Fortuner SUV Terbaik

SeringOto - Fortuner SUV Terbaik memang tidak berlebihan orang bilang seperti itu dan menurut berbagai kalangan Fortuner memang merupakan kendaraan SUV terbaik saat ini, dan kini keluarga Fortuner mempunyai varian baru yaitu New Fortuner VN Turbo, makin memantapkan bahwa ini memang Fortuner SUV terbaik.
Sering.info akan memaparkan berbagai hal mengenai Toyota Fortuner SUV terbaik, mulai dari harga, spesifikasi, performa dan cerita - cerita menarik dari Fortuner SUV Terbaik si Penjelajah Tangguh ini.

Harga Toyota Fortuner SUV Terbaik

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T Rp. 387,000,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T Rp. 397,000,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD Rp. 411,900,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD Rp. 421,900,000
NEW 2.7 V A/T 4x4 Rp. 489,650,000
NEW 2.7 G Lux A/T 4x2 Rp. 439,150,000
NEW 2.5 G A/T DIESEL Rp. 387,000,000
NEW 2.5 G M/T DIESEL Rp. 377,000,000
NEW 2.5 G M/T DIESEL TRD Rp. 401,900,000
NEW 2.5 G A/T DIESEL TRD Rp. 411,900,000
NEW 2.7 G Lux A/T 4x2 Gasoline TRD Rp. 464,600,000


Pilihan Warna Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Silky Gold Mica Metallic

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Silver Metallic

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Black Mica

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Dark Grey Mica Metallic

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Dark Steel Mica

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Super White II






















Dahsyatnya VNT pada Fortuner  SUV Terbaik Diesel
Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.

Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.

Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.

Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.

Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.

Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.

Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.
Belum lama ini Toyota Fortuner bersama Pertamina Fastron dan Metro TV melakukan ekspedisi Euroasia, berikut liputannya.

Toyota Fortuner Adventure


Persiapan Penjelajahan euroasia 

Tidak dapat dipungkiri Toyota Fortuner menjadi faktor penting dibalik suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara, dari Asia sampai Eropa.

Dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri. Toyota-Astra Motor berpartisipasi dengan menyediakan empat unit Toyota Fortuner 2.7 liter bensin dengan sistem penggerak 4×4. 

Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Pada ekspedisi ini, seluruh pelumas sistem mekanis menggunakan produk Pertamina. Termasuk pula minyak rem dan radiator coolant.

SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation, serta parking camera.

Perjalanan ini merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh
Fortuner EUROASIA
Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh Menerjang Banjir Bandang Thailand

Perjalanan tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition di Thailand penuh warna.

Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih itu memiliki iklim dan kondisi geografis yang sama dengan Indonesia. Mestinya perjalanan akan lancar saja. Tapi, Oktober itu Thailand sedang tidak normal. Bangkok di terjang banjir bandang yang meluluhlantakkan kawasan itu.

Pada situasi seperti itu rombongan empat unit Toyota Fortuner itu harus melintasi Bangkok dan berhadapan dengan banjir bandang. Rupanya hujan deras yang mengguyur kawasan itu tidak mampu ditahan lagi oleh waduk sehingga jebol. Dalam situasi runyam itu, seluruh Fortuner bisa melintasi kawasan banjir dengan selamat. Tim diuntungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi.

Di Thailand, empat mobil ini sempat di periksa di bengkel resmi Toyota setempat. Selain penggantian oli juga kondisi mobil setelah menempuh jarak ribuan kilometer. Hasilnya, bagus dan mobil bisa langsung meneruskan perjalanan menuju perbatasan Thailand – Laos.

Sebelumnya Tim sempat mampir di Songkla selepas dari Malaysia. Difasilitasi konsulat jendral setempat, tim bertemu media dan mempromosikan Indonesia. Fitur sistem navigasi terbukti banyak membantu perjalanan itu.

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh Menembus Gurun di China

China menjadi tantangan lain bagi Fortuner yang digunakan dalam Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition. Salah satu negeri terluas di dunia ini memiliki aneka ragam jenis kontur dan iklim. Jenis jalannya juga beragam meskipun memiliki jaringan jalan tol terpanjang di dunia. Tim menghabiskan waktu 19 hari 18 malam untuk melintasi negeri yang menghubungkan Asia Tenggara dan Asia Tengah itu.

Persinggahan pertama adalah kota Don Huang di Propinsi Gansu yang terkenal dengan padang pasir Mingsha Mountain. Mingsha Mountain merupakan daerah hamparan padang pasir tandus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai taman nasional sejak tahun 1944. Di tempat inilah danau bulan sabit yang terkenal itu berada.

Kehadiran Tim Ekspedisi Fastron Euro Asia di China sempat menarik perhatian para pejalan kaki di jalanan Kota Kun Ming. Empat unit Toyota Fortuner yang sempat berhenti di pinggir jalan pun sontak menjadi tontonan penduduk setempat. Di Negeri Tirai Bambu ini, odometer perjalanan dari Jakarta telah mencapai 10.000 km lebih. Perjalanan yang penuh tantangan dari Kun Ming, dilanjutkan ke Chengdu. Kali ini rute yang dilewati merupakan jalan bebas hambatan yang berada di atas danau. Mesin bensin empas silinder berkapasitas 2.7 liter yang didukung teknologi DOHC dan VVT-i bisa menghasilkan power yang cukup berlimpah untuk melesat di jalan tol.

Kendati begitu cuaca tergolong sangat dingin, karena berada di kisaran 15-17 derajat Celcius. Maklum saja, medan yang dilalui berada di atas ketinggian 2.800 meter dari permukaan air laut. Ini tantangan besar bagi mesin. Di ketinggian seperti itu kandungan oksigen di udara mulai menipis dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi mesin mobil. Namun Tim tidak mengalami gangguan apapun yang menegaskan ketangguhan mesin Fortuner.

Walaupun jarak tempuh perjalanan dan cuaca yang dilewati sangat ekstrim, performa SUV Toyota Fortuner berpenggerak 4×4 sangat mumpuni.

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh Menerjang Gunung Es Asia Tengah

Selepas China, setelah menempuh lebih dari 10.000km dan melewati kawasan tropis, banjir di Thailand, gurun pasir Taklimakan di Xinjiang, China, empat unit Toyota Grand Fortuner 2.7 V AT 4×4 yang mengantarkan ekspedisi Pertamina Fastron EuroAsia memasuki kawasan Asia Tengah.

Kawasan ini benar-benar tantangan bagi orang-orang dan mobil yang disiapkan untuk kawasan tropis. Di Kyrghyztan, tim harus melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik turun. Ditambah lagi dengan suhu udara dingin rata-rata 1 derajad celcius. Bahkan kadang-kadang dibawah nol.

Berkendara selama lebih dari 22 jam dari Kota Kashgar, Cina menuju ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek, tim merasakan suhu minus 10 derajat celcius dan berkendara hampir 100 km di jalan yang beralaskan salju tebal dan gunung yang diselimuti salju, seperti yang diceritakan tim lewat situs Pertaminaracing.com.

Kondisi ekstrim itu praktis harus dihadapi tim dan Fortuner sepanjang perjalanan melintasi kawasan Asia Tengah hingga Iran. Kawasan dataran tinggi yang kering, berbukit-bukit dan keras. Rute yang dilewati sampai ketinggi 3900dpl (dari permukaan laut). Sebagai pembanding, gunung Semeru yang tertinggi di Jawa, puncaknya hanya 3676m. Tantangan yang keras, karena bukan suhu yang turun hingga dibawah nol derajat celcius tapi juga oksigen yang makin tipis di dataran tinggi.

Namun sejauh itu, Fortuner tetap tangguh dan tidak mengalami hambatan apapupun. Salah satu kuncinya adalah teknologi VVT-I yang didukung sensor oksigen. Sistem ini mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan tahu jumlah oksigen yang masuk, system bisa menakar kebutuh oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa di kendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

Di Iran, empat unit Fortuner ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi melewati highway yang melintasi negeri para Mullah itu menuju Turki, pintu gerbang Eropa. 

Jadi Terbuktikan kalo emang Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh (toyota.astra.co.id)(ys)

Terimakasih sudah membaca artikel kami yang berjudul "

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh"

semoga anda benar benar mendapatkan pengalaman dengan mengendarai 

Fortuner SUV Terbaik Si Penjelajah Tangguh

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

12 comments :

  1. Mobil dengan design Cantik buatan Toyota ini pantas diacungi jempol karena bisa digunakan untuk segala medan

    BalasHapus
  2. Tulisan mengenai fortuner ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi. semoga sukses kontesnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya masbro, good luck

      Hapus
  3. tulisannya menarik gan... berharap bisa menang kontes.. ayo semangat..

    BalasHapus
  4. Gan, teman-teman blogger semuanya. ni ada seo kontes baru, lumayan buat mengasah kemampuan SEO kita. Hadiahnya juga lumayan sedang… Kalau pendapat ane sih para master2 seo pasti ngejarnya yang hadiahnya gede. Jadi kalau kita ikut disini mungkin ga terlalu banyak saingan. Coba aja yang ikut kontes seo yang hadiahnya puluhan juta, pasti saingannya beraaaat….

    HADIAH KONTES SEO:

    Juara 1: Uang tunai Rp 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
    Juara 2: Uang tunai Rp 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
    Juara 3: Uang tunai Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah).
    Juara 4-10: Nama domain dot com.

    Waktu Pelaksanaan Kontes SEO:

    15 Oktober 2012 pukul 00.00 WIB – 15 Desember 2012 pukul 00.00 WIB.

    Jika agan tertarik silahkan kunjungi disini h**p://www.obatwasir.biz/2012/10/seo-kontes.html (hilangkan tanda **).

    Segera daftar gan. Kalau comment-nya mengganggu hapus saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank atas infonya gan, cekidot dulu gan....

      Hapus
  5. gan numpang baca artikelnya ya

    BalasHapus
  6. review fortunernya bagus dan lengkap. semoga menang kontesnya ya sobat.

    BalasHapus

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar