Tutorial Menggunakan Windows 8 | 50 Tips dan Trik Penggunaan Windows 8 - Bagian Pertama

Tutorial Menggunakan Windows 8 | 50 Tips dan Trik Penggunaan Windows 8
sering.info - Windows 8 telah resmi dirilis, tetapi banyak pengguna yang bingung cara menggunakannya. Banyak media yang mengungkapkan kesulitan penggunaannya. Ini mungkin karena terbiasa dengan windows 7 kali ya!!!. Di forum-forum banyak yang menanyakan hal seperti ini: Start menu-nya kok gak ada? Gimana nih cara menggunakan windows 8?Nah, berikut kami ulas bagaimana cara dan tips menggunakan windows 8 yang kami rangkum dari techradar.com. So.. apa saja sih yang perlu kita ketahui dari windows 8?

1. Lock Screen
Tutorial Menggunakan Windows 8 | 50 Tips dan Trik Penggunaan Windows 8
Saat Windows 8 terbuka yang mula-mula terbuka adalah lock screen atau layar kunci, yang terlihat mempesona tapi sayangnya tidak menampilkan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Nah, untuk memulai, tekan tombol spasi, atau putar roda mouse anda atau kalau device anda support   touchscreen gesek aja pada layar sentuh untuk menampilkan layar login reguler dengan nama pengguna yang Anda buat saat instalasi. Masukkan password Anda untuk memulai.

2. Tombol Navigasi Dasar

Windows 8 diluncurkan dengan tampilan  antarmuka yang baru, semuanya berwarna-warni dengan sentuhan  aplikasi yang sekilas mirip dengan tampilan iPad dan Android. Dan jika Anda menggunakan tablet maka penggunaannya semakin  mudah,  hanya menggeser ke kiri atau ke kanan untuk menggulung layar, dan tekan setiap apps yang menarik. Pada komputer desktop biasa, anda bisa memutar roda mouse untuk menggulir ke belakang dan ke depan.
Dan Anda juga dapat menggunakan keyboard. Tekan tombol Home atau End untuk melompat dari satu ujung layar Start Anda yang lain, kemudian gunakan tombol kursor untuk memilih apps tertentu, tekan Enter untuk memilihnya. Tekan tombol Windows untuk kembali ke layar Start, klik kanan (atau geser di atas) aplikasi anda dan drag dan drop apps lain  untuk mengatur apps apa yang anda inginkan.

3. Kelompok Applikasi


Aplikasi yang ditampilkan dilayar awalnya ditampilkan dalam urutan acak, tetapi jika Anda lebih suka yang lebih terorganisir maka anda bisa dengan mudah untuk menyortir apps tersebut ke dalam kelompok-kelompok sesuai yang anda inginkan.
Misalnya, Anda ingin apps People, Mail, Messaging dan Calendar ke sisi kiri untuk membentuk sebuah kelompok terpisah. Klik icon 'minus' di sudut kanan bawah layar untuk zoom out dan sekarang Anda akan  dapat men-drag dan drop kelompok baru (atau apapun yang lain) sekitar sebagai blok.

4. Akses Menu Cepat
Tutorial Menggunakan Windows 8 | 50 Tips dan Trik Penggunaan Windows 8

Klik kanan di sudut kiri bawah (atau tahan tombol Windows dan tekan X) untuk mengakses menu-menu berikut: Device Manager, Control Panel, Windows Explorer, dan kotak pencarian .

5. Dimanakah pengganti Start Menu?
Tutorial Menggunakan Windows 8 | 50 Tips dan Trik Penggunaan Windows 8

Ini adalah pertanyaan yang paling sering di tanyakan oleh pengguna windows 8, karena di windows 8 ini tombol start menu dihilangkan.Nah, sebagai penggantinya adalah cukup tahan tombol Windows dan tekan Q atau klik kanan bagian kosong dari layar Start atau geser jari Anda ke atas dari bagian bawah layar dan pilih 'All Apps' bagi pengguna layar sentuh untuk menampilkan daftar dari semua aplikasi yang  terpasang.

6. Akses Mudah

Jika ada aplikasi yang Anda gunakan sepanjang waktu,  maka Anda tidak perlu mengaksesnya melalui sistem pencarian. Pin saja ke layar Start dan itu anda akan dengan mudah mengakses dari situ.

Mulailah dengan mengetik bagian dari nama aplikasi Anda. Untuk mengakses Control Panel, misalnya, ketik 'Control'. Klik kanan ubin 'Control Panel' di layar Cari Apps, dan 'Pin to Start' klik. Jika Anda menggunakan layar sentuh, tekan dan tahan ikon, kemudian mengibaskan ke bawah dan pilih 'Pin to Start'.
Sekarang tekan tombol Windows, gulir ke kanan dan Anda akan melihat apps Control Panel di ujung. Drag dan drop ini ke kiri di suatu tempat jika Anda ingin lebih mudah diakses, kemudian klik ubin untuk membuka desktop bersama dengan jendela Control Panel, dan tekan tombol Windows untuk mengembalikan Anda ke layar Mulai ketika Anda dilakukan.


7. Bagaimana cara men-shuttingdown windows 8?


Untuk mematikan Windows 8, anda cukup memindahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah layar, klik ikon Settings,  atau juga bisa dengan tahan tombol Windows dan tekan tombol I pada keyboard - dan Anda akan melihat tombol power. silahkan dipilih mau 'Shut Down' atau 'Restart'.
Dan jika Anda berada di desktop, tekan Alt + F4 dan Anda akan dapat memilih 'Shut Down', 'Restart', 'Sign Out' atau opsi 'Pindah Pengguna'.

8. Apps Bar
Windows 8 tampil dengan gaya yang lebih sederhana daripada gaya lama applet Windows, yang berarti  siap katakan selamat tinggal pada menu, toolbar yang kompleks, dan standar antarmuka banyak. Biasanya akan ada beberapa pilihan yang tersedia pada App bar, jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, klik kanan bagian kosong dari layar atau tekan Windows + Z atau gulir cepat jari Anda ke atas dari bawah layar untuk melihat lebih dekat.


9. Menampilkan Aplikasi yang sedang berjalan


Jika pada windows XP/7 kita bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang kita buka, di windows 8 itu tidak terlihat. Untuk mengetahui aplikasi yang sedang kita jalankan, tekan tombol Alt + Tab pada keyboard.
Menekan tombol Windows dan menekan Tab menampilkan panel di sisi kiri layar dengan aplikasi Anda berjalan. (Untuk melihat ini dengan mouse, memindahkan kursor ke sudut kiri atas layar, tunggu sampai thumbnail dari satu aplikasi muncul, lalu tarik ke bawah.)
Dan tentu saja Anda selalu dapat menekan Ctrl + Shift + Esc untuk melihat semua aplikasi Anda berjalan di Task Manager, jika Anda tidak keberatan (atau benar-benar perlu) detail teknis tambahan.

10. Bagaimana Cara menutup aplikasi?

Windows 8 tidak memiliki tombol close, tapi ini bukan masalah. Aplikasi tersebut ditangguhkan ketika Anda beralih ke aplikasi yang lain sehingga aplikasi yang berjalan akan diminimize dan ini akan membuat kinerja prosesor semakin ringan pada sistem Anda.
Jika Anda ingin menutup sebuah aplikasi pula, meskipun, pindahkan kursor mouse ke bagian atas layar. Ketika ternyata dari pointer mouse biasa dengan ikon tangan, tahan tombol kiri mouse dan tarik ke bawah layar. App Anda harus menyusut ke thumbnail yang Anda dapat menyeret layar untuk menutupnya.
Pada komputer Desktop cukup menekan Alt + F4 untuk menutup langsung aplikasi yang sedang berjalan.
Dan ketika semuanya gagal kemudian tekan Ctrl + Shift + Esc untuk memulai Task Manager, klik kanan sesuatu dalam daftar Apps dan pilih End Task. Hati-hati, meskipun, dekat sesuatu yang tidak seharusnya dan sangat mudah untuk crash atau mengunci PC Anda.


11. Menguasai Internet Explorer di Windows 8

Klik menu Internet Explorer dari menu bar dan Anda akan mendapatkan versi layar penuh tanpa toolbar, menu atau sidebars.
Klik kanan bagian kosong dari halaman atau gulir cepat jari Anda turun dari atas layar, dan Anda akan menemukan pilihan untuk membuat dan beralih di antara tab, serta tombol Refresh, modul 'Cari' dan kemampuan untuk pin jalan pintas Internet ke halaman Start. Klik ikon kunci pas dan 'Lihat pada desktop' pilih untuk membuka versi desktop penuh dari Internet Explorer.

12. Menjalankan dua aplikasi secara berdampingan

Windows 8 menyebutnya "immersive" aplikasi, yang pada dasarnya berarti mereka menjalankan layar penuh - tapi ada cara untuk melihat dua sekaligus. Geser dari kiri dan aplikasi terakhir yang Anda gunakan akan berubah menjadi thumbnail, drop ini dan satu menampilkan aplikasi di panel sidebar sementara app saat Anda mengambil sisa layar. Dan Anda kemudian dapat menukar ini dengan menggeserkan lagi.


13. Memeriksa ejaan

Windows 8  memiliki spellcheck  yang relevan, yang terlihat seperti dalam Microsoft Office. Membuat kesalahan dan garis merah bergelombang akan muncul di bawah kata  tap atau klik kanan ini untuk melihat kata-kata alternatif yang disarankan, atau menambahkan kata ke kamus Anda sendiri jika Anda inginkan.

14. Run as Administrator

Beberapa program membutuhkan Anda untuk menjalankan  dengan hak Administrator. Menu konteks lama tidak tersedia untuk aplikasi mulai disematkan layar, tapi klik kanan salah satu, dan jika itu sesuai untuk aplikasi ini, maka Anda akan melihat Jalankan Sebagai pilihan Administrator.

15. Membuat Tampilan app besar kecil

Anda akan melihat bahwa beberapa aplikasi Windows 8 memiliki tampilan kecil, sementara yang lain memiliki tampilan besar yang mengambil ruang dari dua ubin. Mengklik kanan pada ubin 8 Mulai layar Windows app akan menampilkan pilihan yang relevan. Jika ini adalah salah satu ubin yang lebih besar, memilih 'kecil' akan menguranginya menjadi setengah ukuran, membebaskan beberapa layar real Mulai berharga.

16. Uninstall dengan mudah

Jika Anda ingin menghapus sebuah aplikasi yang tidak terpakai, pilih 'unpin from Start'. Ubin akan hilang, tetapi jika Anda berubah pikiran maka Anda selalu dapat menambahkannya lagi nanti. (Mencari aplikasi, klik kanan, 'Pin to Start' pilih.)
Atau, jika Anda yakin Anda tidak akan pernah ingin menggunakan sebuah aplikasi lagi, pilih 'Uninstall' untuk menghapus sepenuhnya. (lihat gambar, yang kami lingkari dengan warna merah).


17. Privasi

Perlu diingat bahwa dengan default Windows 8 aplikasi dapat menggunakan nama Anda, lokasi dan gambar akun. Jika Anda tidak senang dengan itu, itu mudah berubah. Tekan Win + I, klik Pengaturan advance pilih Privasi dan klik tombol yang relevan untuk menonaktifkan rincian apapun Anda lebih suka tidak berbagi.


9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Previous
Next Post »

54 comments

Click here for comments
JoEvo
admin
November 28, 2012 at 2:24 PM ×

untuk no 10
bukannya kalo diminimize dan membuka aplikasi lain, malah tambah berat???

Reply
avatar
November 29, 2012 at 4:43 PM ×

@JoEvo: kalo mnurut mbah microsoft sih tambah ringan gan,

Reply
avatar
Miftah Afina
admin
December 28, 2012 at 9:29 PM ×

Saya Pernah Menjalankan OS Windows 8 di Processor dengan Kecepatan hanya 1(satu)GHz dan single core. Masya Allah sangat ringan sekali. Salam Tanyapedia.

Reply
avatar
shofyan oyan
admin
January 4, 2013 at 4:00 PM ×

terima kasih tutorialnya sangat membantu sekali

Reply
avatar
January 12, 2013 at 8:12 PM ×

abang yusuf knp ya , app semua yang ada di tampilan windows 8 kaga jalan , semuanya termasuk window store pngen jalan semua gmnain ?

Reply
avatar
Alfaruq
admin
January 25, 2013 at 6:37 AM ×

knp foto2 saya g bisa muncul di menu foto window 8

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 29, 2013 at 11:19 AM ×

terimakasih infonya.

salam,
rahmat

Reply
avatar
January 29, 2013 at 11:34 AM ×

@irfan permana bachtiar: resolusinya minimal harus 1366x768 bro, harus diset segitu

Reply
avatar
January 29, 2013 at 11:48 AM ×

@alfaruq: pake skydrive gan

Reply
avatar
irfan
admin
January 31, 2013 at 7:54 PM ×

apps yg kita dowload tidak bisa di hapus sepenuhnya ya ? dihilangkan total ya ? bisanya hanya di uninstal ya ?

Reply
avatar
bombom
admin
February 11, 2013 at 3:57 PM ×

baru install nih win8 pro masih adaptasi krn sebelumnya pke win7 ultimate ada beberapa yg beda apalagi ane ga pengalaman pke layar sentuh

Reply
avatar
Anonymous
admin
February 12, 2013 at 11:57 AM ×

setiap saya tekan menu lainya, contohnya game, selalu mucul resolusi layar terlalu rendah,,,,
itu bagaimana???

Reply
avatar
February 12, 2013 at 12:18 PM ×

diganti gan resolusi layar ke 1366x768 silahkan klik http://www.sering.info/2013/02/tutorial-menggunakan-windows-8-50-tips.html

Reply
avatar
February 12, 2013 at 12:23 PM ×

@bombom: wah, ajib tuh pengen malah ane

Reply
avatar
February 17, 2013 at 4:01 PM ×

wah sangat lengkap ni pak
saya akan rangkup semua nya lumayan jadi pembelajaran

Makasi pak untuk info nya :)

Reply
avatar
February 17, 2013 at 5:47 PM ×

@joshuaK: sama2 pak, semoga bermanfaat tutorial windows8 ini

Reply
avatar
cangga aquad
admin
February 18, 2013 at 3:28 PM ×

berarti sama saja saat menutup aplikasinya ?

Reply
avatar
Reza Ardiana
admin
February 26, 2013 at 10:44 AM ×

udah OM Yusuf ,, Resolusi Laptop saya sudah 1366x768
tetep ga jalan...!
apa mesti login ke akun microsoftnya gtu,,??
bingung..!!

kasih pencerahannya donk OM..?

Reply
avatar
February 26, 2013 at 11:43 AM ×

@reza ardiana: g harus login sih,,, driver dah keinstal semua? jangan instal antivirus dulu

Reply
avatar
March 8, 2013 at 11:34 AM ×

gan butuh activation win8 pro 6.2 build 9200
ada gak???

Reply
avatar
March 8, 2013 at 12:45 PM ×

@anonim: Untuk cara Mengubah Resolusi Layar Netbook 1024x600 ke 1024x 768 di windows 8 ikuti cara ini gan:
1. Buka Regedit caranya -> ketik regedit di kolom search start screen, lalu enter..
2. HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0000
Note:
Cari DWORD : Display1_DownScalingSupported ->Klik 2 x -> pada value ganti 1
3. HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0001
Note:
biasanya tidak semuanya ada Dword ini, maka jika tidak ada, silahkan dibuat sendiri dengan cara klik New -> Dword Value ->rename ( Display1_DownScalingSupported ) sesuai nama no.2 dan pada value ganti 1. Jika sudah ada silahkan lakukan seperti langkah no.2
4. HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0002
Note:
(Jika ada silahkan rubah Value 1 seperti langkah No.2 , jika tidak ada, tidak apa-apa. biarkan apa adanya)
5. Close Regedit dan Restart Netbook kawan-kawan, silahkan cek pada resolusi layar.

Reply
avatar
ferry wijaya
admin
March 10, 2013 at 12:38 PM ×

gan resolusi udah pas 1366x768
trus agan bilang jangan di instal dulu anti virus nya...
apakah gak bahaya terinveksi virus gan klw kita sedang connect internet...
tlg pencerahannya gan...

Reply
avatar
March 11, 2013 at 2:43 PM ×

@ferry wijaya: sejauh ini aman2 saja masbro, saya juga g pake antivirus lain, karena di windows 8 dah ada windows devender tuh gan, tapi kita harus rajin2 update tiap hari

Reply
avatar
Iyan Tarius
admin
March 11, 2013 at 3:20 PM ×

0m,,, ane udh instal windows 8 di lapatop ane,,
awal.a sii emang bgus klihatan.a,, cma ada mslh yg terjadi di personalize.a,, sperti lock screen, star menu, eN foto profil.a gk bsa di ganti/ubah,,,
trus ane baca cara2 di intenet,, lalu ane ikutin lankh2 yg di suruh untuk mengaktifkan.a,,, tpi yg menjdi mslah adlh,, ktika ane menginstal program yg di suruh di blong tempat ane baca,, stelah slsei eN terestar sndiri, kok tiba2 layar windows ane malah ilang,,, sperti star Menu, tampilan desktop, wallpaper dll smua gk klihatan,,,, yg ada cma halaman awal lock screen ktika di nyalakan & serev sever.a aja,,, yg lain.a gk klihatan,,,,
t0long iLmu.a 0m,,,,!!!!

Reply
avatar
March 11, 2013 at 3:33 PM ×

@iyan: coba tekan ctrl+alt+del pilih restart, apa sudah normal?

Reply
avatar
Herian-To
admin
March 11, 2013 at 5:00 PM ×

Saya mau tanya,
Kenapa di komputer saya pas di bagian startnya (metro ui, programnya cuma bisa tiga susun ke bawah. padahal di gambar di atas bisa sampai enam.

Mohon dibalas!

Thank's,

Heri

Reply
avatar
March 12, 2013 at 3:50 AM ×

kalo udah diaktivasi pasti lock screen,start menu, dan personalize yg ada di setting jdi lgi gannn....

Reply
avatar
Herian-To
admin
March 12, 2013 at 11:41 AM ×

Gimana caranya menyusun tampilan start biar bisa beberapa susun ke bawah,soalnya di komputer saya cuma tiga susun.

Thank's

Reply
avatar
Herian-To
admin
March 12, 2013 at 11:42 AM ×

kenapa tampilan start saya cuma bisa tiga susun ke bawah?

Reply
avatar
Anonymous
admin
March 14, 2013 at 10:20 PM ×

itu tergantung resolusi atau size layarnya gan
bisasih dipaksakan lebih tapi jadi kurang bagus karna terlalu dipaksakan

Reply
avatar
Herian-To
admin
March 15, 2013 at 4:13 PM ×

kompute saya layarnya 14 inchi.
bisa nggak?

Reply
avatar
Anonymous
admin
March 22, 2013 at 11:21 PM ×

saya juga mengalami hal yg sama dng agan iyan, dan sudah pake berbagai cara yg saya bisa tapi tetap gak bs diutak-atik personalizenya. padahal awalnya bisa, tp kemudian kaya ada yg mengunci gt. gak tau kenapa.
O ya, maksud agan samsoel itu pa ya?
dan sudah di restart berulang kali teta tidak ada perubahan.

Reply
avatar
March 23, 2013 at 3:11 AM ×

boss... mau nanya nih.... cara backup windows driver bagaimana Boss..... Saya kan baru beli Laptop windows 8, tapi tidak dapat DVD drever nya Boss. Saya mau copy drevernya dari mana Boss,.... Makasih sebelumnya

Reply
avatar
March 28, 2013 at 7:56 AM ×

bagaimana mau muncurl windows store atau yang lainnya harus menggunakan koneksi dulu baru mau terbuka

Reply
avatar
March 28, 2013 at 8:41 AM ×

@wilank: untuk windows store memang harus online masbro, baru bisa dibuka

Reply
avatar
April 6, 2013 at 10:18 PM ×

gan di aplikasi kok no connection iya?
padahal di dekstop internetnya konek kok tolong pencerahannya iya gan

Reply
avatar
April 13, 2013 at 2:17 PM ×

waduh gimana ya bang net book saya udah saya tambah resolusi kok ttp aja gk bisa kebuka malah restart terus itu gimana ya solusinya??? mohon penjelasanya serta solusinya dan terimakasih.

Reply
avatar
April 13, 2013 at 2:22 PM ×

bos net book saya kok ketika di buka aero metronya malah restart gimana ya?? padahal resolusi udah saya tambah yang sesuai dengan aturan windows 8. mohon penjelasan dan terimakasih.

Reply
avatar
April 14, 2013 at 11:12 AM ×

@ahmad manshur: kalo boleh tau RAMnya brp mas? harus diatas 2GB dan apakah sudah diinstal antivirus? saran saya jangan kasih antivirus dulu

Reply
avatar
Danur
admin
July 25, 2013 at 2:16 PM ×

Saya mau tanya kok internet explorer saya kok hilang dan change pc setting juga ama swicth microsoft akun kok gak bisa mohon saranya

Reply
avatar
iman nurdin
admin
August 4, 2013 at 1:13 PM ×

Tolong dong.... ane ada kesulitan

Ane baru install win8. Kok disaat menghapus folder atau file gak ada notifikasi dulu ya, dia langsung kehapus gitu aja setelah pencet tombol delete.
Kan berabe klo isi folderny banyak data.

Reply
avatar
August 5, 2013 at 7:54 AM ×

kalo dicek di recycle bin ada gak?

Reply
avatar
Anonymous
admin
August 26, 2013 at 3:56 PM ×

Mohon tanya...apakah windows 8 selalu memakan ram 2 gb? Laptop saya ram 4 gb namun selalu 2 gb terpakai tanpa saya membuka aplikasi apapun...thx

Reply
avatar
September 7, 2013 at 5:17 PM ×

cara mengaktifkan windows nya gmna ya???
sudah dimasukan kodenya tp ga aktive aktive....

Reply
avatar
September 7, 2013 at 5:23 PM ×

cara mengaktifkan windows nya gmna ya???
sudah dimasukan kodenya tp ga aktive aktive....

Reply
avatar
Anonymous
admin
September 10, 2013 at 11:35 PM ×

DEDE Komara
MAaf mas ,,,laptop saya sudah terinstal WIN 8 dari bawaannya,,
tapi knapa ya ko g bisa buka settingan (change pc setting )di dekstop,
awalnya biasa aja sekarang nggak bisa di buka,mohon bantuannya

Reply
avatar
November 20, 2013 at 12:29 PM ×

gan gimana ya solusinya kalo mau download aplikasi di windows store tapi pada saat didiwnload udah 78% gak jalan lagi gan downloadnya padahal koneksi internetnya lancar, trs udah pending muncul "this app wasn't install. error code:088x00780" gitu.
tolong bantu solusinya gan..
terimakasih sblumnya..

Reply
avatar
November 21, 2013 at 8:47 PM ×

terima kasih atas tutorialnya

Reply
avatar
Ruro maniac
admin
December 8, 2013 at 6:38 AM ×

waduh gan,aku bingung,nih pc setting aq g bs di tampilkan pas mau ngerubah layar start pd saat matiin/hidupin pc yang pas "personalize" itu putih semua kayak kabut atau terkunci gtu lo,itu knp ya gan dan gmn solusinya "terimakasih"

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 15, 2014 at 1:46 PM ×

Saya beli baru Notebook yang sudah ada terinstal Win8, kenapa ya personalizenya jadi putih padahal sebelumnya bisa diganti profile picnya sekarang jadi berkabut, kenapa ya? Saya tanya ke CS manufacture Notebook tsb malah ditanya asli atau tidak winnya? Mana saya tau, seri produk itu jelas2 promosinya ada win8nya, mohon pencerahannya,,,,,,, :"(

Reply
avatar
danu artha
admin
February 2, 2014 at 12:23 PM ×

mas brow..... ne aq nginstall windows 8 di PC sy,
tp kok pas sy mau mnjalankan aplikasi peta sy mau nyari lokasi sy tidak bisa di temukan,
katanya lokasi anda tidk di tmukan ubah izin anda dipengaturan,
yg sy tnyakan letak pngaturannya dimna ya ?....

Reply
avatar

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment