Dengan Wine, Android Anda Bisa Jalankan Aplikasi Windows

SERINGadget - Kabar gembira bagi Anda yang ingin menjalankan kemampuan PC dalam smartphone atau tablet Android milik Anda. Emulator aplikasi Windows terkemuka, Wine, akan segera bisa dijalankan di Android. Menurut The Next Web, pemimpin developer Wine, Alexandre Julliard, telah mengusahakan emulator tersebut untuk bisa dijalankan di OS terbuka milik Google tersebut dan siap mendemonstrasikan Wine  di Android pada konferensi tahunan FOSDEM di Brussel, Belgia.

Demonstrasi yang dilakukan Julliard tersebut menggunakan MacBook yang dijalankan dengan OS X untuk menjalankan Android dalam sebuah mesin virtual, yang kemudian bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Windows menggunakan Wine. Namun Wine belum diuji coba untuk berjalan pada prosesor berbasis ARM meskipun hal tersebut sudah masuk dalam rencana.

Wine (WINdows Emulator atau Wine Is Not an Emulator) sendiri merupakan aplikasi open source yang memungkinkan aplikasi didesain untuk Windows bisa dijalankan pada OS Unix seperti Linux, termasuk dukungan port untuk OS X, FreeBSD dan Solaris. Proyek tersebut memiliki fitur software library Winelib, dimana pengembang dapat mengkompilasi aplikasi Windows untuk membantu portnya ke Linux.

Menjalankan aplikasi Windows di Android dengan Wine hanya salah satu bagian dari proses karena belum banyak piranti Android di pasaran yang menjalankan prosesor x86. Smartphone yang menggunakan Intel Medfield sendiri bisa dihitung dengan jari. Jika saja bisa dijalankan pada chip ARM maka Wine dengan mudah bisa dijalankan pada prosesor sepeti Tegra, Snapdragon dan Exynos.

Julliard dan timnya harus melakukan berbagai hal sebelum Wine untuk Android siap pada waktunya. Demo ini baru awalnya saja dan aspek-aspek seperti dukungan aplikasi dan performa umum masih akan membutuhkan banyak perhatian dari para developer.  Saat Wine siap, akan menjadi penambahan yang besar untuk piranti seperti Android HDMI stick PC yang pasti akan segera meledak popularitasnya dalam waktu dekat. Sumber: jagatreview
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Previous
Next Post »

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment