Duel Maut Xenia vs Ertiga Mana Paling Nonjok?

SERINGoto  - Bingung mau beli/pilih Xenia atau Ertiga? berikut SERING.INFO membuat ulasannya untuk anda pelajari lebih lanjut.

Daihatsu Indonesia baru saja meluncurkan produk improvement Xenia yang mengusung tagline  “X-tra Aman X-tra Nyaman” Pada tanggal 15 Mei 2013, yang merupakan Minor Change dari Xenia generasi sebelumnya, dengan penambahan fitur-fitur keselamatan dan penyegaran di sisi interior. Peningkatan kualitas ini dilakukan berdasarkan survey terhadap permintaan konsumen, sehingga Xenia kini menjadi Sahabat Keluarga yang makin diminati, dan tentunya juga makin aman serta makin nyaman.

Xenia vs Ertiga
Duel Xenia vs Ertiga dari segi eksterior
Di sisi Eksterior, tidak ada perubahan ekstrim pada New Xenia. Dibagian depan, Xenia tetap hadir dengan dengan konsep aerodinamis disertai lekukan-lekukan yang dinamis. Jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, letak grille dan mesin Xenia memiliki posisi yang lebih tinggi sehingga posisi saluran udara dan ECU Mesin juga lebih tinggi dibanding Ertiga. Posisi Mesin yang lebih tinggi ini membuat Xenia lebih aman saat melewati genangan air. Hasil flood test menunjukkan bahwa Ertiga susah payah untuk melewati genangan air setinggi 50 cm, Air masuk kabin serta Ertiga sempat kehilangan traksi. Sementara Xenia mampu melewati genangan air dengan aman dan kabin tetap kering. Terbukti Xenia memang mobil handal bagi keluarga Indonesia.
Di bagian samping, terdapat penambahan fitur Window Chrome List, sehingga tampilan Xenia semakin mewah dibanding mobil lain di kelasnya.

Pada bagian belakang, Xenia dilengkapi dengan spoiler dan HMSL, sementara  di Suzuki Ertiga belum dilengkapi dengan Spoiler.

Fitur Keamanan Xenia semakin lengkap dengan adanya  rear wiper yang kini hadir di semua tipe, sehingga pandangan kebelakang lebih baik dalam kondisi hujan.

Selain itu, tambahan Sensor Parkir pada Xenia menjadi fitur pelengkap keamanan saat parkir, sedangkan Ertiga tidak dilengkapi sensor parkir.Dengan Xenia, parkir menjadi lebih aman dan nyaman.

Dari segi diimensi, Xenia memiliki dimensi panjang 4140 mm,lebar 1660 mm dan tinggi 1695 mm, sementara Suzuki Ertiga memiliki dimensi body yang lebih besar yaitu dengan lebar 1695 mm, panjang 4265 mm, dan tinggi 1685mm. Body yang lebih besar membuat Ertiga memiliki bobot yang lebih berat serta turning radius yang lebih besar. Xenia dengan Turning radius kecil lebih cocok untuk jalanan perkotaan yang macet dan sempit.

Menurut pengamatan yang dihimpun Sering.info, selera orang Indonesia untuk mobil jenis MPV adalah mobil yang multifungsi, aman, nyaman dikendarai, juga dengan ground clearence yang tinggi. Ertiga adalah MPV dengan Ground Clerence rendah, sehingga kurang sesuai dengan karakter MPV untuk orang Indonesia. Ertiga diminati saat ini karena memang model relatif baru.

Body Ertiga lebih besar,tidak lincah, dan juga memiliki radius putar yang besar untuk ukuran MPV perkotaaan, menjadikan ertiga sulit bermanuver & putar balik di jalanan sempit. Selain itu, di kota yang sering banjir seperti Jakarta, Xenia terbukti lebih aman dalam melewati genangan air dibanding Ertiga. 
Xenia adalah MPV yang lincah & mudah sekali bermanuver di jalan sempit & macet seperti Jakarta.

Duel Xenia vs Ertiga dari segi interior
Daihatsu Xenia kini hadir dengan Dual SRS Airbag, yang merupakan salah satu terobosan baru untuk mendukung konsep X-Tra Aman sebagai fitur keselamatan tambahan pada Xenia. Airbag merupakan fitur keselamatan yang berfungsi untuk melindungi dada dan kepala pengemudi maupun penumpang depan dari benturan stir atau dashboard saat terjadi tabrakan. Fitur keselamatan Airbag ini terdapat pada seluruh varian Xenia dengan spesifikasi yang sama. Sementara pada Suzuki Ertiga, Airbag hanya terdapat pada varian tertingginya saja. Indicator Airbag pada Xenia terletak di tachometer.

Untuk mendukung kinerjaDual SRS Airbag, Xenia juga menambahkan fitur Pretensioner dan Force Limiter pada seat beltnya. Seatbelt pretensioner ini berfungsi untuk mengencangkan sabuk pengaman 150 mm saat terjadi tabrakan keras, sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. Sedangkan force limiter berfungsi untuk mengurangi tekanan berlebih pada bagian dada sebesar 200 mm sehingga mencegah cedera. Suzuki Ertiga belum menggunakan seat belt pretensioner dan force limiter sebagai salah satu fitur keselamatan aktif saat terjadi benturan keras. Indikator seat belt pada Xenia terletak di bawah panel speedometer sebagai peringatan untuk selalu menggunakan seat belt.

Seluruh fitur keselamatan Xenia telah mendapatkan sertifikasi dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) yang tidak dimiliki oleh Suzuki Ertiga. Dengan fitur keamanan yang lebih lengkap, Xenia lebih cocok bagi keluarga indonesia yang menginginkan mobil dengan fitur keamanan yang sempurna.
Melalui sertifikasi ASEAN NCAP, terbukti bahwa fitur keselamatan Airbag serta Pretensioner & Force Limiter Seat Belt Xenia memiliki kualitas internasional. Pengetesan ini telah diuji di laboratorium Malaysian Road Safety Research (MIROS) di Malaysia. Sertifikasi ASEAN NCAP inilah yang tidak dimiliki Ertiga. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk Xenia yang semakin X-tra aman.

Kabin New Xenia didesain lebih fresh dan stylish dengan  beberapa perubahan pada bagian Dashboard yaitu dengan penambahan beberapa ornamen silver pada  Center Cluster dan Register AC. Desain Stir baru lebih sporty dengan penambahan silver painted ornamen pada bagian kiri dan kanan stir.Dan pada tuas transmisi manual saat ini dilengkapi dengan Chrome Plated Shift Knob sehingga lebih mewah. Namun pada Suzuki Ertiga hanya mempunyai Silver Painted Ornament pada Center AC Register dan bagian bawah stir.
Desain interior pada Xenia semakin stylish dengan adanya penambahan beberapa Silver Painted Ornament. Kombinasi warna silver tersebut menambah kesan fresh pada interiornya.

Xenia juga hadir dengan desain interior baru yang lebih mewah.  Kursi Xenia didesain lebih mewah dan tebal dengan Material High Quality Fabric sehingga kursi akan lebih nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Walaupun desain kursi lebih tebal, namun ruang kaki dan ruang kepala tetap lega. Desain baru juga diterapkan pada head rest kursi baris kedua sehingga penumpang akan lebih nyaman. Berbeda dengan Suzuki Ertiga dengan kursinya yang tebal, namun ruang kaki penumpang menjadi sangat sempit. Sekali lagi, Xenia membuktikan diri sebagai mobil yang lebih multifungsi sekaligus nyaman bagi keluarga Indonesia.
Pengaturan kursi di Xenia juga lebih multifungsi. Kursi Xenia dapat dilipat secara full dengan menggunakan teknologi 1-touch tumble sehingga sangat praktis saat melipat kursi. Akses masuk ke kursi baris ketiga sangat mudah karena kursi Xenia yang dapat dilipat secara full. Kursi baris kedua juga 

Dengan Noise Vibration Level yang sudah semakin baik membuat Xenia semakin X-Tra nyaman. Penumpang dan pengemudi semakin dimanjakan dengan kondisi didalam kabin yang semakin senyap dan semakin nyaman.

Duel Xenia vs Ertiga dari segi performa
Dari sisi performa,Xenia masih mengutamakan kehandalan mesin dengan teknologi DOHC VVT-i Fuel Injection yang sudah teruji selama lebih dari  9 tahun.

Xenia hadir dengan mesin yang mempunyai kapasitas silinder 1000cc dan 1300cc, sementara Suzuki Ertiga  dengan kapasitas mesin 1400 cc. Walaupun Xenia mempunyai kapasitas CC yang  lebih kecil, namun berat Xenia yang lebih ringan dari Ertiga, Xenia mampu menghasilkan performa lebih maksimal yang disebabkan karena weight to power ratio Xenia yang lebih bagus.

Walaupun kapasitas CC Xenia  lebih kecil dibanding Ertiga, namun performa Xenia tetap lebih bagus karena berat total Xenia lebih ringan. Selain itu performa mesin Xenia sudah dipercaya oleh ribuan keluarga Indonesia lebih dari 9 tahun disertai dengan jaringan service dan spare parts yang luas di seluruh Indonesia, akselerasi tetap responsif dan gesit

Dengan menggunakan penggerak roda belakang, Xenia mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan dengan Suzuki Ertiga saat jalanan menanjak. Pada kondisi stop and go, Xenia dapat menanjak dengan baik & maksimal, namun pada Suzuki Ertiga , fenomenda ban spin passti terjadi dan dapat menyebabkan plat kopling menjadi cepat habis.

Penggerak roda belakang membuat Xenia dapat melewati tanjakan dalam kondisi stop and go dan kondisi penumpang penuh dengan lancar. Hal ini tentunya sangat cocok bagi kondisi di Indonesia terutama pada saat mudik Lebaran dengan medan yang menanjak dan kondisi macet. Xenia adalah pilihan keluarga yang butuh mobil handal tanpa masalah.

Ground Clearance Xenia lebih tinggi dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Hal ini menyebabkan performa Xenia lebih baik pada jalanan yang berlubang dan rusak tanpa menyebabkan body bagian bawah mentok, sehingga Xenia masih tetap memberikan performa yang optimal di berbagai kondisi jalan.
Karakteristik suspensi pada Xenia yang lebih panjang dibandingkan Ertiga juga membuat performa Xenia menjadi lebih baik pada jalan yang bergelombang. Sementara pada Ertiga, saat melintasi jalan yang bergelombang, cenderung tidak stabil terutama pada roda belakang yang akan terangkat karena suspensinya yang lebih pendek.

Ground Clearance yang tinggi membuat Xenia dapat melaju di jalan yang rusak dan berlubang dengan lancar dan nyaman, selain itu karakteristik suspensi Xenia dengan stroke yang lebih panjang membuat laju mobil lebih stabil untuk melaju di jalan yang berlubang maupun jalanan yang bergelombang, sangat cocok dengan kondisi jalan di Indonesia.
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
November 26, 2013 at 3:15 PM ×

hehe numpang ketawa aja deh...bau2 marketingnya santer banget. kalo mo objektif ya pake pihak yg independen & profesional.baru ane percaya..perasaan banyak juga tuh ertiga dapet penghargaan. yg ngasih penghargaan lembaga yg prof lg..tp whatever lah..gw nyaman skr pake ertiga lebih empuk,nyaman & lebih irit dibanding dulu pake xenia ..maaf lho ya..

Reply
avatar
Anonymous
admin
December 10, 2013 at 11:20 PM ×

sound like a salesman/salesgirl

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 23, 2014 at 12:53 PM ×

iya, maksa banget.. wakaka... kayak kebakaran jenggot... banyak yang pindah yah ke ertiga..

Reply
avatar

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment