-

Ini Dia Fakta Menarik Tentang Primary Care BPJS Kesehatan


Kemungkinannya kamu masih asing dengan istilah Primary Care BPJS Kesehatan. Primary Care BPJS Kesehatan atau yang biasa disebut dengan Pcare BPJS Kesehatan ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Karena aplikasi BPJS Kesehatan ini berbasis kepada website sehingga untuk menggunakannya kamu harus terhubung dengan jaringan internet yang kuat, minimal dengan kecepatan 512 kbps. 
Sebenarnya aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini telah diperkenalkan sejak tahun 2014 lalu dan hingga saat ini terus diperbarui fungsi dan kegunaannya supaya semakin mempermudah peserta BPJS Kesehatan untuk menggunakannya. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang Primary Care BPJS Kesehatan diantaranya yaitu : 
  • Didalam aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini adanya sistem informasi kesehatan pelayanan pasien supaya mereka mudah ketika melakukan pendaftaran, penegakan diagnosis, terapi pengobatan, dan pelayanan laboratorium. Tetapi sayangnya aplikasi ini masih belum bisa digunakan oleh umum. Dalam arti tidak semua user bisa menggunakan layanan Primary Care BPJS Kesehatan ini. Jadi pihak pihak yang bisa menggunakannya adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan dirinya ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password untuk bisa mengaksesnya. 
  • Pada Mei 2018 lalu aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini terakhir diperbarui dengan versi 1.4.6. Jika kamu pernah mendengar aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini bisa diunggah di smartphone Android, maka sepertinya kamu harus memikirkan ulang jika ingin mengunggahnya. Karena setelah ditelusuri ternyata aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan yang tersedia di Google Play Store itu bukanlah aplikasi resmi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, tetapi sebuah aplikasi yang dibuat oleh pihak lain sehingga berbeda tampilannya dengan aplikasi web based milik pemerintah. 
Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan ini? Berikut dibawah ini tahapan mudah menggunakan aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan diantaranya yaitu :
  1. Pertama tama adalah dengan mengunjungi terlebih dahulu situs berikut ini : http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Ketika kamu membuka halaman tersebut, maka kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password tempat kamu bekerja. Jangan lupa juga untuk memasukkan captcha pada kolom yang telah disediakan. 
  3. Setelah berhasil login, kemudian kamu akan dibawa ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisikan tentang indeks pasien.
  4. Ketika kamu sudah masuk ke halaman utamanya, lakukan entri data. Pada menu ini, kamu akan dihadapkan dengan 2 pilihan yaitu Pendaftaran dan Pelayanan. Jika kamu merupakan pasien berobat, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS peserta lalu klik “Cari”. 
  5. Klik simpan lalu entri data kembali. Disini kamu akan diminta untuk mengisi kolom kolom yang kosong seperti kolom terapi dan diagnosis. Kemudian klik simpan. 
  6. Kemudian kamu bisa melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat kamu bekerja mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, hingga sepuluh penyakit terbanyak. 
  7. Kemudian di menu tools, kamu bisa mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan lalu masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat dan mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat kamu bekerja. 
  8. Jika kamu klik logo akun yang berada disebelah kiri, maka kamu akan menemukan data administrasi dan juga bisa mengarahkan kamu untuk log out dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan jika telah selesai menggunakannya. 

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment