-

RESEP KUE KESTANGEL YANG NIKMAT DAN GURIH




Kastangel adalah kue asin renyah yang banyak dijumpai ketika akan lebaran datang. Kue ini paling banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, asin dan gurih. Apalagi bagi pecinta keju, kue ini pasti akan menjadi tujuan utama untuk dimakan saat lebaran datang. Kue ini terdiri dari campuran keju dan diatas nya ditaburi keju kering yang renyah. Untuk kamu yang ingin membuat kastangel sendiri, berikut kami akan berikan resep kue kastangel yang enak dan renyah. Simak resepnya dibawah ini !


Bahan:

- 300 gram margarine

- 2 butir kuning telur

- 1 butir telur

- 300 gram keju cheddar parut 

- 2 sendok teh vanilla extract (optional)

- 2 sendok makan susu bubuk (optional)

- 100 gram tepung maizena 

- 350 s/d 400 gram tepung terigu serba guna

Olesan:

- 1 butir kuning telur untuk mengoles + 1 sendok teh minyak goreng + 1 sendok teh air

Cara membuat:

- Siapkan Loyang untuk memanggang kue, sebelumnya alasi Loyang dengan kertas baking.

- Siapkan bahan-bahan yang akan anda gunakan.

- campurkan menjadi satu yaitu bahan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. lalu Sisihkan.

- mixer bahan margarin dengan kecepatan rendah hingga menjadi lembek kemudian masukan kuning telur satu persatu dan telur sambil dikocok.

Note: Pastikan telur terkocok baik dengan adonan mentega sebelum kamu memasukkan kuning telur berikutnya. Ini bertujuan agar mentega menggumpal dan jika memasukan telur sekaligus akan memberikan adonan menjadi tidak tercampur dengan baik.

 - setelah itu ubah kecepatan mixer menjadi sedikit lebih cepat agar adonan menjadi berwarna putih, kembang dan lembut. Untuk mencapai hasil tersebut dibutuhkan sekitar 10 menit untuk mengkocok dengan mixer.

- setelah 10 menit, turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, lalu masukkan parutan keju, kocok hingga tercampur rata dan matikan mikser. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan spatula hingga adonan tercampur dengan baik. Usahakan tidak mengaduk secara berlebihan karena akan membuat kue menjadi keras.

- setelah adonan tercampur dengan baik letekan selembar kertas baking di meja datar. Ambil sebagian adonan lalu letakan di atas kertas baking, lipat kertas sehingga menutupi permukaan adonan. Usahakan ketebalan adonan hingga 1cm. kamu bisa memipihkan adonan dengan menggunakan tangan atau kayu penggilas.

- selanjutnya potong adonan tersebut dengan memanjang. Kamu bisa memotong adonan dengan scrapper agar lebih mudah dan tersusun. Lalu potong masing-masing adonan hingga sepanjang 4cm. tata masing-masing potongan kedalam Loyang yang sudah disiapkan. Dalam menata adonan tidak perlu jarak yang berjauhan antar adonan.

- oles permukaan adonan dengan kuning telur yang sudah dikocok lalu taburi keju parut.

Note: Jangan khawatir dengan serpihan keju yang berjatuhan di sekitar kue, dengan menggunakan spatula atau ujung pisau tarik serpihan keju dan tempelkan ke kue terdekat. Cara ini membuat tidak ada remah keju yang terbuang dan kue menjadi lebih sedap.

-  Panggang kue selama 20 menit atau hingga permukaannya menjadi kuning keemasan dan bagian dasarnya terlihat agak kecoklatan. Makin lama dipanggang kue akan semakin kering dan renyah. 

- setelah dipanggang 20 menit, keluarkan kue dari oven lalu dinginkan dengan simpan ke tempat Loyang baru. Setelah dingin masukan ke dalam toples yang tertutup rapat.


Itulah resep dan cara membuat kue kestangel yang bisa kamu coba dirumah. Selamat mencoba ya guys !


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment