-

Tips Belajar Memasak Untuk Kamu Yang Ingin Memulai


instagram.com/citrahendrawijaya



Memasak adalah hal yang paling menyenangkan karena bisa membuat suatu makanan yang enak yang bisa kita makan. Apalagi jika kita bisa memasak maka membuat hati kita menjadi bahagia karena bisa menyajikan makanan tanpa perlu ketergantungan membeli. Selain bisa membuat masakan enak, ternyata memasak membuat kita merasa bangga yang tidak bisa kita ucapkan. Memasak kini tidak hanya wanita saja, banyak pria juga yang ingin dan jago dalam hal memasak. Memasak juga bisa diartikan sebagai pencapaian hidup bagi seseorang karena memasak tidak lah gampang. Apalagi jika kita bisa memasak makanan yang rumit dengan citarasa enak tentu bukan hal semudah membalikan telapak tangan. 

Butuh keterampilan dan usaha yang serius untuk pintar memasak. Oleh karena itu untuk kamu yang ingin belajar memasak, berikut tips memasak untuk pemula agar kamu bisa menciptakan masakan yang enak. Simak penjelasannya !

1. Belajar dengan orang lain

Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu kamu bisa belajar memasak dengan orang yang sudah jago memasak. Tidak perlu mengikuti kursus memasak, kamu bisa memanfaatkan keluarga atau teman yang jago memasak. Selain praktis dan murah, belajar memasak dengan orang terdekat akan membuat komunikasi dan hubungan menjadi semakin akrab. Dan terkadang mereka yang jago memasak akan memberikan trik dan resep memasak yang belum tentu kamu dapatkan di buku resep.

2. Kenali bumbu-bumbu dasar

Tips kedua yaitu kamu harus mengenali bumbu-bumbu dasar masakan. Agar masakan kamu enak, kamu harus mengetahui dahulu bumbu-bumbu dasar apa saja yang biasa digunakan dalam memasak. Biasanya bumbu yang dipakai untuk memasak antara lain garam, gula, merica, ketumbar, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun salam. Pengetahuan dasar ini membantu kamu dalam memasak sehingga kamu akan gampang memasak karena telah mengetahui bumbu dasar terlebih dahulu sebelum memasak yang kamu inginkan.

3. Kenali bahan makanan

Tips ketiga yaitu kenali bahan makanan karena setiap bahan makanan berbeda cara pengolahannya. Misalnya kamu harus mengetahui jenis sayuran apa yang harus dimasak terlebih dahulu atau dipisah agar nantinya semua bahan makanan bisa matang merata. Contohnya sayuran jagung dan kentang harus dimasak dahulu dan lama agar sayuran tersebut empuk. Berbeda dengan sayuran hijay seperti bayam, kangkung yang dimasak cepat dengan api besar agar matang sempurna dengan tektur dan rasa sayuran tetap terjaga.

4. Hati-hati saat memasak

Tips keempat adalah berhati-hati saat memasak karena bagi pemula ketika akan memasak kurang berhati-hati sehingga sering menimbulkan luka seperti luka bakar atau letupan terkena minyak panas. Contohnya seperti memegang wajan yang panas dengan tanpa menggunakan lap yang mengakibatkan luka pada tangan akibat memegang wajan panas dengan tangan terbuka. Atau juga saat menggoreng, memasukan bahan makanan sekaligus tanpa perlahan sehingga minyak pada wajan meletup mengenai tubuh kita. Oleh karena itu siapkan perlengkapan seperti lap, celemek dan peralatan memasak lainnya agar keamanan memasak lebih terjamin.

5. Baca Resep

Tips terakhir kamu bisa membaca resep buka puasa anak kos untuk membuat masakan. Bila kamu bingung dengan bumbu dan cara memasak kamu bisa membaca resep masakan dan kamu bisa mendownload aplikasi resep masakan seperti Yummy di Playstore melalui smartphone kamu. di aplikasi tersebut terdapat ribuan resep yang bisa kamu praktekan memasak. Setelah membaca resep masakan, kamu sebaiknya ikuti langkah-langkahnya dan jangan melewati setiap step yang ada di resep tersebut karena jika kamu melakukan itu maka alhasil masakanmu pasti gagal. Ikuti semua prosesnya agar masakanmu berhasil dibuat dan enak saat dicoba.


Itulah beberapa tips memasak untuk pemula yang bisa kamu praktekan. Sudah siap untuk belajar memasak?


Previous
Next Post »

Syarat memberi komentar :
1. Dilarang SPAM
2. Komentar harus sopan
3. Dilarang menaruh link hidup dan iklan dalam komentar ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment